Home / Kajian Utama / Tiga Pelajaran Penting di Bulan Ramadhan

Tiga Pelajaran Penting di Bulan Ramadhan

Oleh

Dr. Ainul Haris, Lc. M.Ag.

Idul Fithri yang dimaknai oleh umat Muslim telah bergesar pemahamannya. 'Al-Id' yang sebenarnya adalah ketika seseorang bertambah kadar imannya. Ia selama sebulan penuh mendapatkan bimbingan, arahan, dan gemblengan untuk senantiaasa melakukan ibadah di bulan Ramadhan. Untuk menambah rasa keimanan kita terhadap Allah Ta’ala ada tiga pelajaran penting yang harus diketahui yakni hablumminallah, hablumminannas, dan istiqamah.

Hubungan Allah dan Manusia         

Pelajaran yang pertama yaitu hablumminallah yang bermakna hubungan kita dengan Allah Ta’ala. Kita memiliki sekian banyak keutamaan serta kenikmatan dari Allah Ta’ala. Hendaknya kita melihat kenikmatan hubungan kita dan memberikan yang terbaik kepada Allah. Maka ada dua cara untuk membuat hubungan kita dengan Allah berhasil.

Cara menyikapi hablumminallah yang pertama yaitu hendaknya kita memperteguh akidah kita. Sebagai umat Muslim harus benar-benar berusaha menjadi pribadi yang bermanfaat. Dan terus meningkatkan aqidah serta keteguhan iman kita kepada Allah. Bagaimanakah iman kita kepada Allah Ta’ala? Benarkah kita telah mencintai Allah? Benarkah kita telah mendahulukan Allah dari pada kepentingan lainnya? Bukankah kehidupan yang sesungguhnya adalah di Akhirat kelak?

Kedua, hubungan dan interaksi kita dengan Allah Ta’ala adalah ibadah yang dikerjakan. Tidakkah Allah Subhanahu wa Ta’ala menciptakan kita, kecuali untuk menyembah atau beribadah hanya kepada Allah. Ramadhan telah mendidik kita untuk mentaati Allah dengan berpuasa, membaca Al-Qur’an, dan aktifitas-aktifitas kebaikan lainnya.

Hubungan Manusia dan Manusia

Proses pembelajaran yang sebenarnya telah kita dapatkan dan dijelaskan pada bagian pertama di atas. Selanjutnya, pelajaran tentang habblumminnannas. Hubungan dan interaksi kita dengan sesama manusia. Allah Ta’ala selalu menyediakan cara-cara agar kita dengan mudah melakukan perintahnya termasuk hubungan dengan sesama manusia.

Pertama, memperbaiki akhlak kita terlebih dahulu. Apa yang menjadi indikasi atau ukuran kebaikan seorang Muslim? Indikasi yang paling kuat adalah akhlak Islamiya atau perilaku, tata-krama, dan etika dalam agama Islam. Sehingga Rasullullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menegaskan, bahwa kita sebagai umat manusia harus benar-benar menjaga akhlak kita. Di antara akhlak Islam yang diajarkan yaitu hendaknya kita berlaku adil, amanah, jujur, sabar, tawadhu’ atau rendah hati, penyayang, pemaaf, toleran, dan pemberani. Di sisi lain merasa malu ketika melakukan kemaksiatan.

Kedua, untuk menjalin hubungan dengan sesama manusia adalah tidak berusaha menjadi orang yang problemaker atau yang menjadi sumber masalah. Akan tetapi, menjadi sumber solusi yang selalu memberikan kemanfaatan kepada sesamanya. Seharusnya kita sebagai umat Muslim dengan kesadaran yang penuh menjadi penengah di masyarakat.

Poin terkahir yang terkait dengan hablumminannaas dan harus kita perhatikan yaitu hubungan dengan keluarga kita atau dengan karib-kebarat kita. Allah Ta’ala melalui sang Rasul-Nya menegaskan dalam riwayat Aisyah Radhiyallahu ‘Anha tentang rahim, “Barang siapa yang menyambungku, menghubungiku maka Allah akan menghubungi orang itu.” (HR.Al-Bukhari dan Muslim)

Artinya adalah jika kita berbuat baik kepada sesama apapun keadaan yang kita terima maka kebaikan akan menyertai. Janganlah kita khawatir untuk memberikan maaf dan memaafkan kesalahan sesama. Pada dasarnya, tidak ada hak yang boleh kita ambil kecuali Allah Ta’ala yang mengambil.

Ibadah yang Berkelanjutan

Pelajaran yang terakhir dari hadirnya bulan Ramadhan adalah pelajaran tentang istiqamah. Allah adalah Rabb Ramadhan dan selain Ramadhan. Maknannya adalah Rabb yang kita sembah pada bulan Ramadhan dan selainnya. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban kita untuk mempertahankan ketaatan-ketaatan pada bulan Ramadhan. Serta melanjutkannya dan selalu istiqamah mejalankan pada bulan-bulan berikutnya setelah Ramadhan. Salah satunya pada bulan Syawal nanti.[]

 

About Admin

Check Also

MENGENAL EKONOM MASJID YANG SEJATI

KAJIAN UTAMA Edisi 6 Tahun 2 Juli 2017 | Masajid Oleh Baidhawi    Kekayaan didistribusikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *