Home / Istana di Surga / Impian Hadirnya Masjid di Desa Daleman

Impian Hadirnya Masjid di Desa Daleman

Lokasinya yang berada di samping jalan raya menjadi alasan kuat mendirikan sebuah masjid. Apalagi  lokasi yang dimaksud adalah tempat transit para musafir.”

Desa Daleman, Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten Jawa Tengah merupakan suatu daerah yang cukup potensial untuk didirikan masjid. Pasalnya penduduk desa Daleman begitu mendambakan memiliki masjid yang dekat dengan tempat tinggal mereka. Jumlah penduduk yang menetap di sana mencapai 80 KK. Tetapi hingga saat ini belum ada masjid yang didirikan di desa tersebut.

Jarak wilayah padat penduduk dengan masjid terdekat  sebenarnya tidak terlalu jauh yaitu kurang lebih 500 meter. Tetapi masjid tersebut sudah masuk wilayah lain. Sehingga masyarakat desa Daleman cukup mengalami kesulitan untuk mengakses masjid tersebut. Khususnya pada malam hari, warga disulitkan dengan akses yang jauh dan wilayah yang sudah keluar dari desanya.

Masyarakat desa Daleman pada umumnya merupakan petani palawija dan tembakau, peternak hewan, dan pengelola ikan hasil laut.

Banyak dari penduduk desa Daleman berasal dari daerah lain yang membeli tanah kavling di daerah tersebut.

Keadaan iklim yang tidak menentu cukup menyulitkan bagi kondisi perekonomian warga. Kondisi tersebut hampir mustahil jika mereka harus dipaksa mendirikan masjid dengan dana patungan warga mereka sendiri. Butuh dana sokongan supaya impian mulia mereka untuk mendirikan masjid yang dekat dengan pemukiman mereka terwujud.

Selain diperuntukkan untuk ibadah shalat, masjid juga difungsikan sebagai pusat aktifitas berdakwah bahkan dapat digunakan sebagai tempat persinggahan bagi musafir yang melalui jalan di desa Daleman.

Lokasi yang akan diproyeksikan untuk pembangunan masjid ini berada tepat di samping jalan raya besar. Sehingga orang-orang yang bepergian dan kesulitan untuk mendapatkan tempat beribadah ketika masuk wilayah tersebut merasa diuntungkan dengan adanya masjid di sana.

Keberadaan masjid di samping jalan raya menjadi pengingat bagi orang-orang yang bepergian. Sehingga tidak ada alasan bagi mereka untuk meninggalkan kewajiban mereka dalam beribadah.

Tidak hanya itu, kedatangan musafir di daerah tersebut memberi keuntungan lain bagi warga desa Daleman. Interaksi mereka dengan orang-orang baru membawa kemungkinan terbukanya lahan ekonomis bagi masyarakat sekitar.

Perihal yang cukup penting bagi mereka adalah keberadaan masjid nantinya merupakan permulaan semangat dalam menegakkan ibadah, melakukan dakwah, dan melaksanakan seluruh kegiatan umat.

Tanpa adanya masjid maka kegiatan sosial, pengajian, dan aktifitas dakwah di desa Daleman menjadi terhambat. Oleh karena itu, dibutuhkan segala macam dukungan baik riil maupun materiil untuk merealisasikan mimpi masyarakat desa Daleman untuk memiliki masjid di daerah yang terjangkau bagi mereka.

Keberadaan masjid membuat masyarakat desa Daleman memiliki kesempatan dan hak yang sama dalam aktifitas beribadah dan berdakwah mereka. Masyarakat memiliki potensi yang sama dalam hal bersosial dan mendekatkan diri dengan Allah. Mimpi mulia mereka semoga dapat kita wujudkan bersama-sama dengan menjadi donatur bagi terlaksananya pembangunan masjid dan gedung dakwah di desa Daleman ini.[]

Kepada pembaca yang hendak memberikan donasi pembangunan masjid, silahkan  mentransfer ke rekening di bawah ini. Jangan lupa untuk konfirmasi setelah pembayaran.

Bank Mandiri KCP Klampis Surabaya

No. Rek. 141-00-66550006

An. Yayasan Bina Muwahhidin

Nomor Telp. : 031-51513370

 

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *