Home / Teks Khutbah / Anugrah Terindah Untuk Umat Islam

Anugrah Terindah Untuk Umat Islam

Khutbah Pertama

إنَّ الحَمْدَ لِلهِ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا وَحَبِيبَنَا وَقَائِدَنَا وَقُرَّةَ أَعْيُنِنا مُحَمَّدًا عَبْدُ اللهِ وَرَسُولُهُ وَصَفِيُّهُ وَحَبِيبُهُ، صلَّى اللهُ وَسَلَّمَ عَلَيْهِ وَعَلَى كُلِّ رَسُولٍ أَرْسَلَهُ. أَمَّا بَعْدُ: عِبَادَ اللهِ فَإِنِّي أُوصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ

Alhamdulillah yang telah memberi kita anugrah terbesar yaitu nikmat Islam dan iman. Sungguh Allah telah memberi anugrah agung kepada kita atas dimasukkan-Nya kita kepada Islam, padahal hanya agama ini yang Allah terima dan dimasukkan ke Surga. Allah berfirman, “Sesungguhnya agama (yang diridai) di sisi Allah hanyalah Islam.” (QS. Ali Imran [3]: 19

Sungguh Allah telah memberi anugrah agung kepada kita atas diberikannya kita al-Qur`an yang tidak diberikan kepada umat-umat terdahulu yang semisalnya. Kitab yang Allah jamin sendiri penjagaannya dan menjamin kebahagian bagi yang menjadikannya sebagai pedoman. Allah berfirman:

«إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ»

“Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan al-Qur'an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.” (QS. Al-Hijr [15]: 9)

«فَإِمَّا يَأْتِيَنَّكُمْ مِنِّي هُدًى فَمَنِ اتَّبَعَ هُدَايَ فَلا يَضِلُّ وَلا يَشْقَى»

“Jika datang kepadamu petunjuk daripada-Ku, lalu barang siapa yang mengikut petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka. (QS. Thaha [20]: 123)

Sungguh Allah telah memberi anugrah agung kepada kita atas dijadikan-Nya Nabi kita sebagai Nabi terbaik secara mutlak. Untuk itulah hanya beliau yang diizinkan membuka pintu Surga pertama kali, bukan Nabi Adam, Nuh, Ibrahim, Musa, atau ‘Isa ‘alaihimussalam. Beliau bersabda:

«آتِي بَابَ الْجَنَّةِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَأَسْتفْتِحُ، فَيَقُولُ الْخَازِنُ: مَنْ أَنْتَ؟ فَأَقُولُ: مُحَمَّدٌ، فَيَقُولُ: بِكَ أُمِرْتُ لَا أَفْتَحُ لِأَحَدٍ قَبْلَكَ»

“Aku mendatangi pintu Surga pada hari Kiamat lalu meminta agar dibuka. Sang penjaga berkata, ‘Siapa kamu?’ Kujawab, ‘Muhammad.’ Katanya, ‘Hanya kepadaku aku diperintah agar tidak membuka kepada seorang pun sebelum Anda.” (HR. Muslim no. 197)

Sungguh Allah telah memberi anugrah agung kepada kita atas dijadikannya kita umat terbaik dari umat-umat terdahulu. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

«كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ»

Kalian adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah.” (QS. Ali Imran [3]: 110)

«وَلا تَهِنُوا وَلا تَحْزَنُوا وَأَنْتُمُ الأعْلَوْنَ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ»

Janganlah kalian bersikap lemah, dan janganlah (pula) kalian bersedih hati, karena kalianlah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kalian orang-orang yang beriman. (QS. Ali Imran [3]: 139)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

«أَنْتُمْ تُتِمُّونَ سَبْعِينَ أُمَّةً أَنْتُمْ خَيْرُهَا وَأَكْرَمُهَا عَلَى اللَّهِ»

“Kalian adalah penyempurna 70 umat terdahulu dan kalianlah umat terbaik dan termulia di sisi Allah.” (HR. At-Tirmidzi no. 3001 dan dinilai hasan oleh Syaikh al-Albani dan Ibnu Hajar)

Sungguh Allah telah memberi anugrah agung kepada kita atas dijadikan-Nya syariat agama kita sebagai syariat termudah dan paling banyak pahalanya. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman, “(Yaitu) orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang umi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang makruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Maka orang-orang yang beriman kepadanya, memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (al-Qur'an), mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (QS. Al-A’raf [7]: 157)

Di antara bentuk kemudahan itu adalah kita dimudahkan shalat di mana saja dan bersuci dengan debu jika tidak ada air, sementara umat terdahulu tidak. Kita dimudahkan puasa dari terbit matahari sampai tenggelam, sementara umat terdahulu tidak boleh berbuka hingga muncul bintang-bintang bahkan sebagian umat diteruskan sampai waktu sahur. Kita dimudahkan dan dilipatkan dalam pahala dengan Lailatul Qadar dan Ramadhan sehingga mengungguli umat terdahulu padahal umur mereka ada yang seribu tahun, sehingga shalat kita yang 5 kali sehari senilai 50 kali pahalanya. Kita dimudahkan dalam membersihkan najis dengan mengguyurnya memakai air, sementara umat terdahulu dengan merobek baju yang terkenan najis. Kita dimudahkan bertaubat dengan istighfar dan Allah menerima taubat kita, sementara umat terdahulu taubatnya dengan bunuh diri. Bahkan di setiap maksiat memunculkan tanda di rumah mereka.

هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِي وَلَكُم.

Khutbah Kedua

إنَّ الحَمْدَ لِلهِ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا وَحَبِيبَنَا وَقَائِدَنَا وَقُرَّةَ أَعْيُنِنا مُحَمَّدًا عَبْدُ اللهِ وَرَسُولُهُ وَصَفِيُّهُ وَحَبِيبُهُ، صلَّى اللهُ وَسَلَّمَ عَلَيْهِ وَعَلَى كُلِّ رَسُولٍ أَرْسَلَهُ.

أَمَّا بَعْدُ: عِبَادَ اللهِ فَإِنِّي أُوصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ

«اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ»

«رَبَّنَا إِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُنَادِي لِلإيمَانِ أَنْ آمِنُوا بِرَبِّكُمْ فَآمَنَّا رَبَّنَا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّئَاتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الأبْرَارِ* رَبَّنَا وَآتِنَا مَا وَعَدْتَنَا عَلَى رُسُلِكَ وَلا تُخْزِنَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِنَّكَ لا تُخْلِفُ الْمِيعَادَ»

«رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ»

 

Oleh: Nor Kandir

About Admin

One comment

  1. Apa bisa diusahakan text arabnya dibuat Right to Left agar lebih enak dibaca? Andai tidak bisa, saya saran diibuat rata tengah dan fontnya diperbesar. Mungkin situs http://www.konsultasisyariah.com bisa jadi pertimbangan. Jazakumullah khairan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *